Warga Jakarta Harus Waspadai Flu Burung

Warga Jakarta Harus Waspadai Flu Burung
Ilustrasi. Foto: Radar Madura

jpnn.com - JAKARTA - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Adhyaksa Dault mengimbau warga ibu kota tanggap terhadap virus flu burung (H5N1). Sebab, virus itu sangat berbahaya.

"Saya mengimbau warga DKI agar tanggap terhadap flu burung guna mencegah terjadinya penularan pada manusia, sebab virus ini bisa berdampak pada kematian," kata Adhyaksa di Jakarta, Rabu (30/3).

Kandidat Guru Besar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Diponegoro ini meminta warga menjaga kebersihan. Selain itu, warga diminta melapor jika ada unggas yang mati mendadak.

"Kasus virus flu burung masih marak, berdasarkan data dari WHO tahun 2007, Indonesia duduk di peringkat teratas dengan total 99 kasus dan 79 di antaranya meninggal dunia," ucap Adhyaksa.

Adhyaksa mengacu Peraturan Daerah No. 4 th 2007 tentang pengendalian Pemeliharaan dan Peredaran Unggas, penampungan dan pemotongan unggas pangan dilarang dibangun di pemukiman warga.

Penampungan dan pemotongan hanya boleh dilakukan di tempat-tempat yang ditunjuk oleh Gubenur DKI Jakarta. Yakni,  Rawa Kepiting, Pulo Gadung, Cakung,  Petukangan Utara dan PD Kartika.

Sebelumnya, kasus flu burung gemparkan warga Cilandak usai ditemukannya 20 unggas yang mati mendadak ‎karena virus Avian Influenza (AI). Setelah dipastikan terjangkit flu burung, puluhan unggas itu langsung dimusnahkan  melalui prosedur khusus oleh petugas. (jos/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News