PENTING buat Ibu-Ibu: 7.520 Pria Masuk Zona Merah

PENTING buat Ibu-Ibu: 7.520 Pria Masuk Zona Merah
Foto ilustrasi dok JPNN

jpnn.com - MANADO - Data dari Komisi Penanggulangan AIDS Kota Manado, sebanyak 7.520 pria masuk zona merah.

Mereka itu terindikasi sebagai pria bereskiko tinggi (resti)  tertular  human immunodeficiency virus  dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV AIDS).

Mereka disebut resti karena  berada di lingkungan dan orientasi pergaulan yang bebas.  Beberapa diantaranya merupakan  pria yang ‘doyan jajan’ di luar. 

“Kita tidak bisa berbuat banyak, ketika dampak modernitas masuk di kota besar, seperti Manado. Namun, perlu diketahui jika salah satu media penyebaran HIV-AIDS adalah sex bebas. Apalagi, dengan  orang yang tidak kita ketahui seluk-beluknya,” kata Perwakilan KPA Manado Joni Wuisan.

Pria resti ini otomatis sangat merugikan kaum perempuan, terlebih ibu rumah tangga ( IRT). Dikatakan Wuisan, hal ini  merupakan pemicu kenapa ODHA (orang dengan HIV-AIDS), yang berasal dari kalangan IRT.

“Dan kebanyakan dari mereka (IRT) tidak sadar jika sudah tertular. Karena penyakit ini baru akan terlihat parah jika sudah sekitar lima tahun berkembang di tubuh. Kalau sudah begini, tidak banyak lagi yang bisa dibuat,” jelasnya.

Satu-satunya  cara  paling aman adalah setia terhadap pasangan dan atau memakai  pengaman. 

“Kalau ingin keluarga sehat, yah jangan  coba-coba. Ingat, hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan pasien HIV-AIDS. Obat yang selama ini dikonsumsi ODHA hanyalah untuk menghentikan penyebaran virus di tubuh, bukan menyembuhkan,” tandasnya. (snt/tan/sam/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News