Cihuy, BTN Janji Turunkan Bunga KPR

Cihuy, BTN Janji Turunkan Bunga KPR
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara punya kabar bagus bagi nasabah lama. Manajemen akan menurunkan menurunkan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) untuk nasabah lama dalam jangka enam bulan hingga satu tahun.

Penurunan ini menyusul dorongan pemerintah agar perbankan memberlakukan suku bunga kredit single digit atau di bawah sepuluh persen. Sedangkan nonsubsidi sudah diturunkan.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, kredit KPR di BTN terbagi menjadi dua jenis. Yakni KPR subsidi dan nonsubsidi. KPR subsidi bunganya sudah lima persen dengan uang muka satu persen.

Namun, penurunan suku bunga kredit tersebut diberlakukan untuk nasabah baru. Sedangkan untuk nasabah lama, kata Maryono, akan diturunkan secara bertahap.

“Kami sesuaikan antara enam bulan sampai satu tahun. Tapi kami lihat dulu, karena yang lama kan menggunakan dana lama. Dana lama kan pakai bunga lama, sehingga nggak bisa kami samakan. Nanti kalau dananya udah kami rolling dengan bunga murah, baru bisa,” ujar Maryono di Jakarta, Kamis (31/3) kemarin.

Hingga saat ini, mayoritas nasabah BTN merupakan nasabah lama yang menggunakan dana lama. Sedangkan untuk nasabah baru yang menggunakan suku bunga baru, pertumbuhannya dalam dua bulan terakhir ini telah mencapai lebih dari Rp 20 triliun. (ers)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News