Hati-hati Flu Burung Kembali Mengintai Unggas di Sini

Hati-hati Flu Burung Kembali Mengintai Unggas di Sini
Memusnahkan flu burung. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - LUMAJANG—Dinas Peternakan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akhirnya mengungkap bahwa penyebab matinya sepuluh ribu lebih unggas milik Sunaryo, warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kunir, karena postif flu burung.

Dari hasil laboratorium, ribuan unggas yang mati positif terinfeksi virus H5-N1. Menurut Syamsuddin, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan, dari hasil laboratorium diketahui, adanya kesalahan dalam memberikan vaksin.

“Harusnya, indukan unggas divaksin sebelum bertelur, akan tetapi hal itu tidak dilakukan, malah diberikan vaksin untuk ayam,” ujarnya, Sabtu (2/4).

Untuk mengantisipasi penyeberan virus ini, petugas sudah melakukan pembagian dan penyemprotan disinvektan di pedagang-pedagang unggas. Sejauh ini, penyebaran virus flu burung masih sesama unggas saja, belum sampai kepada manusia.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang ¸Triworo, dengan adanya virus flu burung ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, agar selalu memakai masker jika masuk di kandang unggas.

“Cara lain bisa juga dengan menghindari kontak langsung dengan kandang dan ternak, terutama yang telah terinfeksi flu burung,” tegas Triworo. (pul/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News