Kemenperin Dorong Hilirisasi Produk Pertanian

Kemenperin Dorong Hilirisasi Produk Pertanian
Menperin Saleh Husin. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA--‎Kementerian Perindustrian mendorong industri nasional mengembangkan hilirisasi produk pertanian dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Di samping itu, melalui hilirisasi, para pelaku agrobisnis akan mendapatkan nilai tambah dan jaminan pasar yang bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Dalam kebijakan industri nasional, pengembangan industri hulu agro dan industri berbasis agro merupakan peluang besar bagi pelaku agribisnis untuk mengembangkan usaha ke depannya,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin, Minggu (3/4).

Dia berharap ke depannya, hilirisasi produk pertanian bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Industri hulu agro yang perlu dikembangkan pada tahap pertama RPJPN, antara lain industri oleofood atau produk turunan yang berasal dari minyak nabati, industri oleokimia yang bisa diproses lebih jauh menjadi alternatif sumber energi, serta industri kemurgi yaitu industri yang menerapkan ilmu kimia pada pengusahaan lahan pertanian untuk menghasilkan produk yang bukan bahan makanan, misalnya kacang kedelai untuk pembuatan plastik.

“Saat ini peluang yang sedang berkembang bagi para pelaku agribisnis adalah munculnya teknologi baru dalam industri kemurgi yang bisa mengubah paradigma berusaha,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, belakangan ini telah ditemukan teknologi baru yang memanfaatkan tanaman tembakau untuk membuat serat tekstil dan zat pewarna alami. Bila ini diterapkan akan menggeser paradigma industri tekstil dan pertanian tembakau ke arah industri yang aman serta ramah lingkungan atau biasa disebut industri hijau.

Sedangkan, untuk industri pangan sebagai sektor andalan dalam negeri, Kemenperin mendorong pengembangannya, antara lain melalui industri pengolahan ikan, industri pengolahan susu, industri bahan penyegar, industri pengolahan minyak nabati, industri pengolahan buah-buahan dan sayuran, serta industri gula berbasis tebu. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News