Adhyaksa Sudah Punya Cara Sejahterakan Warga Jakarta

Adhyaksa Sudah Punya Cara Sejahterakan Warga Jakarta
Adhyaksa Dault. Foto: Indopos

jpnn.com - JAKARTA – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Adhyaksa Dault sudah punya strategi hebat untuk menyejahterakan warga ibu kota. Adhyaksa akan memulainya dari bawah.

“Membangun sentra-sentra komunitas, memberdayakan seluruh warga, ibu-ibu, remaja, manula aktif untuk membangun diri bekerja untuk masa depan,” kata Adhyaksa, Senin (4/4).

Di mata mantan Ketum KNPI itu, warga bukan objek yang harus diberi ini atau dipaksa ini itu. Warga harus dirangkul untuk membangun bersama-sama. Sedangkan Pemprov akan menciptakan sistem agar segera dilaksanakan warga. Istilah itu dikenal dengan plug and play.

Pusat pemerintahan juga akan dipusatkan di kelurahan. Hal itu akan membuat wilayah layanan menjadi lebih terukur populasinya antara 30 ribu sampai dengan 50 ribu.

“Pengolahan limbah, air bersih, energi terbarukan, pencegahan banjir, solusi tentang hunian dan lingkungan layak, solusi tentang ekonomi kerakyatan, solusi tentang pendidikan berkelanjutan dan banyak lagi, dipusatkan di kelurahan kelurahan yang akan dikelola layaknya estate manager,” kata Adhyaksa.

Lalu, bagaimana cara Adhyaksa memperkaya warga Jakarta? Yakni dengan melibatkan warga untuk bersama-sama menyiapkan lahan guna diberdayakan dan dijadikan sumber nafkah.

“Dengan menata permukiman acak horizontal menjadi permukiman teratur vertikal, lahan sisa yang terbentuk dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau atau diberdayakan sebagai lahan-lahan komersial yang bisa dikerjasamakan dengan pengembang namun tetap dimiliki warga,” ujar Adhyaksa.

Bagi Adhyaksa, harkat dan martabat warga yang meningkat membuat mereka tidak lagi adi penonton yang termarjinalisasi akibat pembangunan infrastruktur besar-besaran. “Sudah selayaknya dan sudah waktunya seluruh warga Jakarta menikmati pembangunan ini,” sambung Adhyaksa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News