Kawal UN Jujur, Inspektorat Kemendikbud Sebar Auditor

Kawal UN Jujur, Inspektorat Kemendikbud Sebar Auditor
ILUSTRASI. FOTO: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) mengawal pelaksanaan ujian nasional (UN) yang jujur. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Itjen Kemendikbud juga membuka posko pengaduan untuk menerima aspirasi masyarakat dan menerjunkan auditor-auditornya ke seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami berharap tidak banyak laporan kecurangan UN, namun mengantisipasi laporan masyarakat dengan menyiapkan posko pengaduan dan menugaskan auditor di lapangan," kata Inspektur Jenderal Kemendikbud (Irjen Kemendikbud) Daryanto, Selasa (5/4).

Dia menyebutkan, Itjen Kemendikbudi punya auditor-auditor di seluruh provinsi dan bekerja 24 jam untuk menelusuri jika ada isu-isu yang perlu di-tracking," kata Daryanto. 

Aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui posko Kemendikbud, akan dipilah-pilah. Bila ada hal-hal yang memerlukan penelusuran akan ditelusuri langsung di lapangan.  

Mengenai antisipasi jika terjadi kecurangan dalam pelaksanaan UN, Daryanto mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki peta risiko dan peta kendali. "Ini yang kami sebut faktor risiko, kami punya daftar peta risiko dan peta kendali. Jika risiko terjadi, maka mitigasinya seperti apa? itu sudah kami petakan,” ujar Irjen Kemendikbud.‎(esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News