Kementerian PUPR Siapkan Fasilitator Perumahan untuk Seluruh Pemda

Kementerian PUPR Siapkan Fasilitator Perumahan untuk Seluruh Pemda
Foto/ilustrari; dokumen Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyelenggarakan training of trainers bagi tenaga ahli perencanaan perumahan (ToT TAPP) sejak Senin (4/4) hingga Jumat (8/4). Peserta training itu nantinya akan menjadi fasilitator pendamping bagi pemerintah kabupaten/kota di 34 provinsi dalam melaksanakan dekonsentrasi bidang perumahan tahun 2016.

Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Deddy Permadi, dekonsentrasi bidang perumahan 2016 akan difokuskan pada pembentukan kelompok kerja perumahan dan kawasan permukiman, serta pendataan perumahan. Menurutnya, pendataan perumahan sangat penting.

“Saat ini perlu direview kembali apakah data perumahan sekarang masih relevan atau sudah berubah. Melalui para tenaga ahli ini diharapkan bisa mengetahui data riil perumahan di masing-masing daerah,” ujar Deddy melalui siaran pers ke media, Selasa (5/4).

Ia menjelaskan, tenaga ahli yang sedang menjalani training itu akan ditugaskan menampung aspirasi masyarakat dan mewadahi berbagai kebutuhan lain bidang penyediaan perumahan. Mereka akan mendampingi pemda sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Fokus utama pemerintah saat ini bersama para stakeholder menyelesaikan masalah backlog (data tentang kebutuhan rumah, red). Salah satunya melalui pembinaan pada pemda, karena pemda adalah pelaku yang memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat," terang Deddy.‎ (esy/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyelenggarakan training of trainers


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News