Begini lah Ciri-ciri Partai Modern

Begini lah Ciri-ciri Partai Modern
Begini lah Ciri-ciri Partai Modern

JAKARTA - Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Maswadi Rauf mengatakan, partai politik memegang peranan penting dalam menciptakan kader-kader calon pemimpin di masa mendatang. Karena perlu terus berubah mengikuti perkembangan jaman. Sehingga benar-benar menjadi partai yang modern dan mampu menjawab kebutuhan demokrasi yang ada.

“Kalau parpol tidak mampu, maka kita mendapatkan pemimpin yang mendapatkan cemooh dari banyak orang,” ujar Maswadi saat menjadi pembicara pada dialog yang digelar Puslitbang Kemendagri, Selasa (5/4).

Menurut Maswadi, ciri dari parpol modern yakni, menjalankan fungsi-fungsi parpol yang sesuai dengan demokrasi. Misalnya, melakukan fungsi rekrutmen dan kaderisasi yang baik. Kemudian menjadikan parpol sebagai sebuah sekolah. Tempat di mana masyarakat dididik dan dilatih menjadi calon pemimpin.

Selain itu, parpol modern kata Maswadi, juga harus mampu menjalankan kegiatan yang efektif dan efisien. Hal tersebut ditandai dengan adanya petugas parpol yang profesional serta mempunyai sumber-sumber dana yang memadai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News