Bersama Jokowi, di Warung Angin Mamiri Manokwari

Bersama Jokowi, di Warung Angin Mamiri Manokwari
Presiden Joko Widodo saat di pelabuhan Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat, Selasa (5/4). Foto: Laode Mursidin/Radar Sorong

jpnn.com - MANOKWARI - Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah serius membangun infrastruktur jalan di Provinsi Papua Barat. Selain membangun jalan juga akan dibangun jalur rel kereta api yang menghubungkan kota-kota di Prov Papua Barat maupun Provinsi Papua.

Dikutp dari Radar Sorong, Jokowi menargetkan pada semester kedua tahun 2016 ini, pembangunan rel kereta api sudah mulai dibangun di Provinsi Papua Barat. Soal dari daerah mana jalur rel kereta api ini mulai dibangun, pemerintah pusat belum memastikan. 

"Untuk pembangunan jalur rel kereta api, nanti akan dimulai semester kedua. Kami belum tentukan bulannya. Masih dalam proses kajian. Bisa dimulai dari Manokwari, bisa juga dimulai dari Sorong. Belum ditentukan karena masih menunggu kajian,’’ kata Jokowi, usai santap siang di Warung Angin Mamari, Wosi, Manokwari, Selasa (5/4).

Sumber dana pembangunan jalur kereta api ini sepenuhnya berasal dari APBN ataupun BUMN. Sebelumnya, gubernur mengusulkan pembangunan jalur rel kereta api ini dimulai dari Manokwari. Akan dibagi dalam 3 segmen, Manokwari-Bintuni, Bintuni-Sorong Selatan dan Sorong Selatan-Sorong.

Sedang untuk ruas jalan, pemerintah juga menggenjot pembangunan jalan trans Papua Barat, ruas Manokwari-Sorong telah tembus. Presiden menargetkan, tahun depan, ruas Manokwari-Wasior Kabupaten Teluk Wondama sudah dapat dilewati kendaraan.

"Jalan dari Manokwari menuju Wasior (Kab  Teluk Wondama), saya targetkan tahun depan harus tembus,’’ tegasnya lagi.

Sarana dan prasarana transportasi udara juga mendapat perhatian Jokowi, salah satunya pengembangan atau perluasan Bandara Rendani Manokwari. Ia menginstruksikan Menteri Perhubungan agar dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk pembebasan lahan bagi perluasan Bandara Rendani.

"Saya tadi sudah minta agar disiapkan lahan untuk perpanjangan runway (landasan pacu) airport di Manokwari supaya pesawat berbadan lebar bisa turun. Saya targetkan, tahun ini sudah pembebasan lahan sehingga tahun depan sudah dimulai pekerjaan perpanjangan runway hingga rampung,’’ tuturnya. (lm/adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News