Aung San Suu Kyi Lepas 2 Jabatan Menteri

Aung San Suu Kyi Lepas 2 Jabatan Menteri
Aung San Suu Kyi. Foto: AFP

jpnn.com - YANGON – Menteri Luar Negeri Myanmar Aung San Suu Kyi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di Kota Naypyidaw, Selasa (5/4) kemarin. Itu adalah tugas perdana Suu Kyi sebagai anggota kabinet.

Sehari sebelumnya, perempuan 70 tahun itu mundur dari dua jabatan menteri yang dipercayakan kepadanya. Dua jabatan yang dia lepas tersebut adalah menteri pendidikan dan menteri energi.

Kementerian Luar Negeri Myanmar menyatakan, pertemuan Suu Kyi dengan Wang berlangsung pada sore hari.

Wang datang ke Myanmar atas undangan Suu Kyi. Bagi Myanmar, Tiongkok adalah mitra yang penting. Khususnya dalam bidang perdagangan dan perekonomian. Karena itu, menjalin kerja sama dengan Negeri Panda menjadi prioritas kabinet baru Myanmar.

Proyek PLTA Myitsone di Negara Bagian Kachin yang kontroversial sejak kali pertama digarap menjadi agenda penting Suu Kyi dan Wang. Pada 2011, mantan Presiden Thein Sein menunda proyek miliaran USD tersebut.

Sebab, rakyat mengeluhkan dampak lingkungan pembangunan PLTA yang membendung Sungai Irrawaddy itu. Tetapi, Beijing berharap bisa melanjutkan proyek tersebut sekarang. (AFP/ABC/hep/c14/ami)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News