Bantuan Genset Terus Dikirim ke Nias

Bantuan Genset Terus Dikirim ke Nias
Bantuan Genset Terus Dikirim ke Nias

jpnn.com - JAKARTA – Upaya mengatasi pemadaman listrik di Pulau Nias dengan mendatangkan genset terus dilakukan. Mesin pembangkit listrik itu didatangkan di ataranya dari Langsa, Aceh, sebanyak 23 kontainer dengan kapasitas total 12 megawatt (MW). 

“Kami prediksi akan tiba di sibolga pada Kamis malam atau Jumat dini hari, dan akan segera diseberangkan menuju Pulau Nias. Namun karena mesin berukuran besar, tentu saja membutuhkan waktu untuk proses loading barang. Kami harapkan pada Sabtu siang keseluruhan genset sudah tiba di Nias,” ujar Manajer Senior Public Relation Agung Murdifi di Jakarta, Rabu (6/4).

Nantinya, sesampainya di Nias mesin akan dioperasikan secara bertahap. Butuh waktu 4 hari untuk mengoperasikan 5 MW dalam tahap 1 karena. Selain itu, juga membutuhkan waktu untuk proses instalasi, pengetesan, dan pengoperasian untuk masuk kedalam sistem kelistrikan yang telah ada.

Mobilisasi genset juga dikerahkan dari sejumlah daerah lainnya, diantaranya dari PLN Area Medan dan PLN Area Padang yang diperkirakan tiba di Sibolga pukul 20.00 tadi malam.

Bantuan genset untuk Nias juga didatangkan dari Pekanbaru, Riau. yang saat ini tengah menyiapkan 3,8 MW genset untuk segera diterbangkan menuju Nias. Pengiriman genset dari Jakarta sebesar 2,4 MW diprediksi akan sampai Nias pada hari ini.

“Kendala utama memang keterbatasan akses transportasi menuju ke Pulau Nias dan jarak yang harus ditempuh, namun kami berupaya secepat mungkin untuk bisa mengerahkan genset guna mengatasi pemadaman. untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada warga Nias terkait pemadaman yang berlangsung dan mohon dukungannya untuk mengatasi masalah pemadaman ini,” ujar Murdifi.

PLN saat ini juga telah menambah stok bahan bakar minyak jenis solar dari 5 hari menjadi 10 hari. Hal ini untuk memastikan ketersediaan bahan bakar bagi mesin diesel yang didatangkan.

Sebelumnya PLN juga telah mendatangkan 10 genset ke Nias yang diambil dari seluruh area di wilayah Sumut di antaranya dari Sibolga 6x50 kVa, Binjai 3x100 kVA, Pematang Siantar 1x100 kVA, Padang Sidimpuan 2x100 kVA + 50 kVA, Medan 1x100 kVA, Lubuk Pakam 1x100 kVA, dan Rantau Prapat 1x100 kVA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News