Putri Berat, Andalkan Putra ke Olimpiade

Putri Berat, Andalkan Putra ke Olimpiade
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA – Kans tim nasional BMX meloloskan satu wakil tambahan ke Olimpiade 2018 hanya terbuka di sektor putra. Di sektor putri, kans terbilang berat karena hanya Elga Kharisma Novanda yang mumpuni untuk tampil di kejuaraan internasional saat meraup poin kualifikasi Olimpiade.

Untuk bisa lolos ke Olimpiade, Indonesia minimal harus berada di peringkat 16 besar per 31 Mei 2016. Sejatinya, hanya 13 tiket resmi yang diberikan UCI (Federasi Balap Sepeda Dunia) kepada negara peserta Olimpiade.

Hanya saja, UCI memberikan kesempatan pula kepada negara yang bertengger di peringkat 14-16 untuk mendapatkan tripartite invitation. Saat ini, putri Indonesia berada di peringkat 21.

Sedangkan untuk sektor putra, peringkatnya lebih baik, yakni 19. Menurut Dadang Haries Poernomo, pelatih pelatnas BMX, langkah sektor putri lebih berat ada lagi pembalap yang bisa bersaing di kejuaraan selevel C1 selain Elga.

“Padahal kami butuh pembalap lain juga untuk menambah perolehan poin. Kalau cuma Elga pastinya susah, dan peluang untuk lolos juga kecil,” ujar Dadang, Rabu (6/4) kemarin. (mat/jos/jpnn)

 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News