Sensasi Menaklukkan Gelombang Tinggi Menggunung Cuma Ada di Sini

Sensasi Menaklukkan Gelombang Tinggi Menggunung Cuma Ada di Sini
Mentawai adalah surganya para surfers. Foto: Padeks/JPG

jpnn.com - MENTAWAI – Apa sih sensasi paling sensasional dari Festival Pesona Mentawai 2016? Bagi wisatawan nusantara, mungkin melihat pantai pasir putih? Snorkeling di kejernihan laut? Atau menyaksikan penampilan Katon Bagaskara, personal KLa Projek yang terkenal dengan karya lagu masternya, berjudul Yogyakarta itu? Tapi bukan itu yang paling menantang? 

“Menaklukkan ombak Mentawai yang panjang sambung menyambung, tinggi menggunung, dengan ujung seperti terowongan hidup, terbentuk konsisten, dan aman! Bagi peselancar, model ombak seperti Mentawai inilah yang diburu! Karena itu, mereka menyebut Mentawai adalah surganya para surfers,” sebut Menpar Arief Yahya saat peluncuran Festival Pesona Mentawai di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kemenpar Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta itu.

Pasar surfing terbesar adalah Australia. Bisa dipahami, Gold Coast adalah kota surfing, memiliki pantai terbaik dengan ombak terbaik, bagi surfer. Juga punya amenitas, atau infrastruktur pendukung destinasi wisata, seperti hotel, restoran, café, bar, convention hal, mal, sarana transportasi local yang komplit. “Saya menduga Mentawai jika dilengkapi dengan amenitas yang standar dunia, bisa menyedot wisman Australia lebih banyak lagi,” kata Arief Yahya.

Ada 10 surfing site yang dipublikasikan sebagai yang terbaik di dunia. Gold Coast (Australia), Mentawai Islands (Wonderful Indonesia), Jeffreys Bay (Afrika Selatan), Fuerteventura (Spanyol), El Salvador (Amerika Latin), Kosta Rika, California, Amerika Utara (US), Bali (Eonderful Indonesia), Santa Catarina (Brasil), Samoa (Pacific Selatan).

Dari situlah, Menpar Arief Yahya menyebut atraksi surfing-nya Mentawai itu sudah world class. Tidak perlu dipertentangkan lagi, levelnya sudah dunia. Destinasi selancar itu ada di Siberut Barat Daya, Sipora Utara, Sipora Selatan, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Pantai Sikakap. “Anda punya hobi menaklukkan gelombang? Silakan coba deh, Mentawai. Keren!” ucap Menpar Arief Yahya.

Festival ini dilangsungkan pada bulan April, 19-24. Waktu yang tepat, di saat ombak-ombak itu menantang.  Jika ke Mentawai, musim yang paling bagus adalah bulan Maret sampai Oktober. Namun, ombak paling konstan terjadi pada bulan Juni - September. Gelombang

Bagaimana dengan yang “tidak doyan” main ombak? Mentawai juga menjanjikan banyak titik diving, snorkeling, memancing, menyusuri hutan mangrove, menginjak pantai putih yang keren, dan panorama alam yang eksotik. Di Pagai Utara, Pagai Selatan dan Sikakap, ada beberapa titik pantai yang landai, tidak terjal, berpasir putih, dan aman.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet menambahkan, saat ini 7000-8000 wisman sudah berselancar di Mentawai. Rata-rata mereka sudah merasakan sensasi di Kuta Bali, lalu ingin mengejar tantangan lain yang lebih seru di Mentawai. “Kalau infrastruktur pariwisata kami membaik, kami yakin Mentawai bisa berkembangan dengan pariwisata,” kata Yudas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News