ASTAGA! 10 Tahun Dipasung, Tangan dan Kaki Nyaris Putus

ASTAGA! 10 Tahun Dipasung, Tangan dan Kaki Nyaris Putus
Petugas Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru menjemput Jhon untuk dibawa ke RSJ Tampan. Foto: PekanbaruMX/JPG

jpnn.com - PEKANBARU - Seorang pria penderita gangguan jiwa bernama John ditemukan dalam kondisi sangat memprihatinkan. Tangan dan kakinya nyaris putus setelah hampir 10 tahun dipasung orangtuanya.

“Kasihan. Kedua kakinya diikat pakai tali nilon,’’ ujar Kabid Rehabilitas Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru Elifarsya MH saat menjemput Jhon, Kamis (7/4). 

Jhon dijemput dari rumahnya di Jalan Balai Limbungan Pernikahan, Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau, dengan menggunakan mobil ambulan.
 
Hari itu juga, Jhon dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan untuk menjalani perawatan. “Sekarang lukanya sudah dibersihkan,” jelas Elifarsya MH seperti dikutip dari Pekanbaru MX (Jawa Pos Group), Sabtu.
 
Jhon dipasung orangtuanya di ruang belakang rumah mereka tanpa diberi alas apapun. “Hanya duduk dan tidur di lantai,” ujar Elifarsya MH.
 
Menurut Elifarsya, orangtua mengaku terpaksa memasung Jhon karena khawatir tindakannya membahayakan warga. “Orangtuanya sebenarnya tidak tega, tapi takut dia mengamuk,’’ terangnya.
 
Kendati demikian, apapun alasannya, tegas Elifarsya, tindakan pemasungan tetap tak dibenarkan. “Setelah mendapat laporan tentang pemasungan tersebut, kita langsung datang ke lokasi dan membawanya untuk diobati. Apapun alasannya, tindakan pemasungan tidak dapat dibenarkan,” tutup Elifarsya.(Mg2/ray/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News