1.200 Penumpang Cruise MV Artania akan Jelajah Aceh

1.200 Penumpang Cruise MV Artania akan Jelajah Aceh
MV Artania. Foto: YouTube

jpnn.com - SABANG - Kota Sabang kembali dikunjungi sebuah kapal pesiar mewah. Kali ini, MV. Artania yang merapat ke kota paling ujung barat Indonesia itu. Kapal dengan GT 44.348 dan panjang 230 meter itu membawa 700 turis manca negara dan 500 awak kapal. Yang bikin happy, sebagian besar penumpang dan kru turun dan ikut overland menjelajah Aceh.

Artania bukan kapal sembarangan. Kapal ini dibuat oleh galangan kapal di Helsinki, Finlandia dan mulai beroperasi pada 1984. Kapal ini mulanya bernama Royal Princess, karena Putri Diana yang memberikan nama tersebut saat diluncurkan pertama kali. 

Pada 2011, kapal mewah ini berganti nama menjadi MV. Artania, setelah sebelumnya bernama MV. Artemis. Itu terjadi setelah pergantian kepemilikan kapal pada Artania Shipping. Saat ini, kapal tersebut dioperasikan oleh operator Phoenix-Reisen.

“Kedatangan kapal pesiar Artania ke Sabang merupakan kali kedua, sebelumnya awal tahun 2014 kapal itu juga sudah mendaratkan 1.000 turis asing ke Sabang. Hari ini, kapal mewah itu merapat di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Pasiran, Kota Sabang, sekitar pukul 10.00 WIB,” terang Kadispar Aceh, Reza Pahlevi, Kamis (7/4).

Sesuai adat istiadat, saat kapal ini merapat dan penumpang turun, acara peumulia jamee atau memuliakan tamu langsung digelar. Penumpang yang turun disambut dengan tarian Guel, sebuah tarian yang berasal daerah dataran tinggi Gayo, Aceh. Kapten Artania, Elman Muehlebach juga disambut dengan pengalungan bunga.

Para turis yang berasal dari berbagai negara ternyata happy dengan sambutan hangat tadi. Banyak yang antusias menarikan tarian Guel.

Beberapa di antaranya bahkan sampai ada yang menari dan berfoto bersama para penari.

“Berkat terobosan berani Menpar Arief Yahya, kini kapal pesiar atau cruise sudah bisa bebas menaik-turunkan penumpang di pelabuhan-pelabuhan kota besar di Indonesia. Ini memberi banyak manfaat untuk daerah,” tambah Reza.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News