Mas Tjahjo, Gitar dan Puisi Kehidupan

Mas Tjahjo, Gitar dan Puisi Kehidupan
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - TJAHJO Kumolo lebih dikenal sebagai sosok politisi. Bagaimana tidak, pria asal Semarang itu sudah menjadi anggota DPR sejak 1987. Dia sudah enam kali dilantik sebagai anggota dewan.

Karir politiknya makin moncer. Menjabat sebagai Sekjen DPP PDIP. Dan kini menjadi anggota kabinet.

Di luar itu, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Tjahjo merupakan sosok yang puitis. Di luar rutinitasnya sebagai menteri, dia mengisi waktu luang dengan bermain musik atau menulis puisi.

Salah satu goresan kata-katanya diberi judul Life is Beautiful. ’’Hidup itu indah, bila kita dapat melihat itu sendiri dari memadukan langkah awal, perasaan, kata hati, pikiran, dan keyakinan. Kita melangkah untuk keindahan ke depan.” 

Demikian bunyi kutipan karyanya. Mayoritas puisi Tjahjo bertema kehidupan atau kenegaraan.

Selain berkarya lewat kata-kata, Tjahjo piawai memainkan alat musik, khususnya gitar. Kemampuannya itu didapat sejak muda. 

Hanya, aktivitas bermusik tersebut saat ini makin jarang dilakukan sebagai konsekuensi dari tugasnya sebagai menteri. ’’Sesekali masih mencoba memetik gitar,’’ lanjutnya.

Tjahjo juga masih bisa berkarya. Lewat buku berjudul Politik Hukum Pilkada Serentak, dia menyumbangkan pikirannya mengenai penyelenggaraan pilkada serentak yang pertama dilaksanakan di Indonesia itu. (byu/c10/agm/sam/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News