Aksi Heroik, Anggota TNI-AL Selamatkan Anak yang Tenggelam

Aksi Heroik, Anggota TNI-AL Selamatkan Anak yang Tenggelam
Korban yang berusaha ditolong Zakaria. Foto: Jawa Pos/ Radar Surabaya

jpnn.com - SURABAYA – Seorang prajurit TNI AL M. Zakaria berhasil menyelamatkan seorang anak yang terseret arus. Ini terjadi ketika Zakaria sedang menghabiskan waktu bersama keluarganya di bibir Pantai Kenjeran, sebelah timur Suramadu, kemarin pagi (9/4). Itu pun setelah ada yang berteriak meminta pertolongannya.


"Paklik, temanku tenggelam!" teriak seorang bocah berambut lurus kepada Zakaria yang kala itu sedang memancing. Bocah bernama Noval yang terlihat panik tersebut bahkan menarik tangan Zakaria hingga kail pancing terjatuh.

Mata Zakaria pun langsung mengikuti arah jari telunjuk bocah berusia 13 tahun itu. Sekitar 50 meter dari lokasi Zakaria memancing, tampak dua anak dalam kondisi hampir tenggelam. Hanya tersisa tangan yang terus melambai meminta tolong.

Zakaria segera terjun ke laut dan berenang secepatnya untuk menyelamatkan dua bocah tersebut. Padahal, kondisi arus laut saat itu sangat kuat kerena sedang pasang. "Saya langsung menyelam ke bawah, lalu mendorong dua anak itu ke atas agar bisa bernapas," papar pria yang tinggal di Rumdin Wonosari tersebut.

Zakaria langsung merangkul dua korban yang memiliki perbedaan ukuran tubuh itu. Satu anak bertubuh mungil, sedangkan satunya lagi sangat bongsor. Dia mendorong kuat-kuat tubuh mereka ke permukaan dengan menggerakkan kakinya untuk melawan arus dalam laut. Tujuannya, dua anak itu bisa mengambil napas terlebih dahulu.

Pada percobaan pertama, pria 40 tahun itu berhasil memperpanjang napas dua anak yang dia selamatkan. Bersamaan dengan munculnya Zakaria dan korban ke permukaan, datang satu perahu nelayan yang siap menampung korban. "Yang kecil langsung saya lempar ke perahu. Tapi, yang besar saya agak kesulitan. Sebab, arus laut kembali menarik saya dan bocah yang besar ke dalam," jelas bapak satu anak itu.

Zakaria dan satu korban akhirnya kembali tenggelam. Dengan sisa tenaga, dia berusaha kembali ke permukaan sambil merangkul badan bocah tinggi besar tersebut. Sayang, usaha untuk kali kedua itu gagal. Lengan kiri Zakaria kram sehingga bocah besar tersebut terlepas dari pelukannya. Nelayan yang datang juga langsung menaikkan pria yang berkaus biru itu ke perahu.

Kejadian yang berlangsung di dekat pintu air timur Kelurahan Tambak Wedi tersebut membuat geger perkampungan nelayan setempat. Warga bekumpul dan menunggu hasil penyelamatan musibah pagi itu. Tim Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) juga langsung menuju lokasi untuk mencari korban.

Korban yang berhasil diselamatkan Zakaria bernama Alvin Ramadhani. Bersama Noval, bocah 11 tahun itu dibawa ke Polsek Kenjeran untuk dimintai keterangan. Sedangkan korban meninggal bernama M. Salim, 16. (all/c7/fat/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News