Alokasikan Rp 249 Miliar untuk Proyek Abadi

Alokasikan Rp 249 Miliar untuk Proyek Abadi
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - INDRAMAYU – Seperti biasa, sebelum musim mudik lebaran tiba, jalan Pantai Utara Jawa alias Pantura diperbaiki. Tahun ini perbaikan ditargetkan rampung pada Juni mendatang. 

“Saat arus mudik lebaran nanti diharapkan pengendara bisa merasakan kenyamanan melintas di Pantura ini. Sekarang sedang dikerjakan,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono saat melihat perbaikan jalan di Kecamatan Parrik, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (10/4).

Basuki mengatakan perbaikan jalan dilakukan sepanjang 300 km. Jalan-jalan yang rusak akan dihotmix. Untuk beberapa titik, Kementerian PUPR melakukan betonisasi. Total dana yang dialokasikan Kementerian PUPR untuk "proyek abadi" ini sebesar Rp 249 miliar. 

Perbaikan, kata dia, dilakukan tidak hanya untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara. Tetapi juga diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. “Setelah ada Cipali, sekarang trafik kendaraan berubah. Mobil kecil yang melewati Cipali sekitar 80 persen. Sementara truk baru 15 persen dan selebihnya masih lewat pantura,” ujarnya.

Basuki pun mengatakan, selama ini jalan selalu menjadi kambing hitam atas kecelakaan yang terjadi. Padahal kecelakaan lalu lintas tidak selamanya disebabkan oleh faktor sarana dan prasarana jalan. “Bisa jadi perilaku berkendaranya yang salah. Jadi kalau ada kecelakaan jangan Cuma bilang sarana atau prasarananya yang rusak,” lanjutnya. (kom/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News