PT Pos-Nurbaya Initiative Jalin Kerjasama, Presiden Tekankan hal ini

PT Pos-Nurbaya Initiative Jalin Kerjasama, Presiden Tekankan hal ini
Presiden Joko Widodo. Dok

jpnn.com - BREBES - Presiden Joko Widodo hari ini melakukan kunjungan kerja peluncuran Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat di Terminal Agribisnis Desa Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, mantan gubernur DKI Jakarta itu diberikan penjelasan mengenai program kerjasama antara Nurbaya Initiative dan PT Pos Indonesia dalam membangun platform e-commerce, bagi dua juta UMKM di Indonesia. Serta sistem belanja online di e-kiosk, yang akan ditempatkan di empat ribu cabang PT Pos di seluruh Indonesia.

Menanggapi kerjasama tersebut, Jokowi menekankan pentingnya sinergi aksi untuk kepentingan ekonomi rakyat.

"Intinya adalah kerja gotong royong antara pemerintah pusat, propinsi, kabupaten, BUMN, swasta, dan juga masyarakat," ujar Presiden, Senin (11/4).

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, teknologi seperti ini bisa dimanfaatkan untuk distribusi dan pemasaran produk. Di mana nantinya Nurbaya dan PT Pos Indonesia, akan menjaring jutaan UMKM di seluruh Indonesia.

"Tantangannya tentu ada, bagaimana memberdayakan UMKM untuk menggunakan teknologi. Karena belum semuanya UMKM menggunakan teknologi," katanya.

Meski begitu, Rudiantara optimistis, kendala itu bisa dicarikan jalan keluarnya. "Pemerintah sangat ingin memajukan UMKM Indonesia agar tidak mati di negeri sendiri akibat banjirnya produk-produk impor, apalagi dengan dibukanya pasar Indonesia akibat MEA," papar Rudiantara.

"Kemajuan teknologi bukan hanya miliki sebagian orang di sentra ekonomi urban, tetapi harus dimiliki dan dimanfaatkan oleh seluruh kalangan masyarakat," imbuh Rudiantara. (chi/jpnn)

BREBES - Presiden Joko Widodo hari ini melakukan kunjungan kerja peluncuran Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat di Terminal Agribisnis Desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News