Kopi Indonesia Laris Manis di Afrika

Kopi Indonesia Laris Manis di Afrika
Ilustrasi. Foto: Radar Semarang

jpnn.com - SURABAYA – Kopi Indonesia ternyata sangat diminati di Afrika. Salah satunya ialah di Aljazair. Selama ini, Aljazair memang dikenal sebagai negara Afrika yang merupakan konsumen terbesar kopi asal Indonesia.

Dubes Indonesia untuk Aljazair Safira Machrusah mengatakan, tumbuhnya permintaan kopi dari Aljazair memungkinkan pelaku usaha kedua negara untuk berinteraksi.

Caranya ialah mendorong pelaku usaha kopi dari Aljazair untuk membuka kantor perwakilan dagang di Indonesia. Dengan demikian, Aljazair juga makin dikenal di kalangan pelaku usaha Indonesia.

“Selama ini bisa jadi Aljazair belum begitu dikenal di Indonesia. Tapi, sebagai negara baru tujuan ekspor, produsen kopi Indonesia perlu mengenal lebih jauh Aljazair,’’ katanya kemarin (11/4).

Secara rata-rata, orang Aljazair mengonsumsi 13 gram kopi per hari atau 4 kilogram per tahun. Namun, beberapa tahun terakhir, konsumsi kopi di Aljazair terus meningkat.

Diyakini, pembukaan kantor perwakilan dagang mampu mendorong transaksi langsung antara pelaku usaha kopi Aljazair dan produsen kopi Indonesia. Ditambah, harga yang diperoleh lebih kompetitif. Sebab, para pelaku usaha Aljazair mendapatkan kopi Indonesia lewat trader atau pihak ketiga. (res)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News