Wah, Ada Penemuan Candi Baru

Wah, Ada Penemuan Candi Baru
Penemuan situs candi baru di Kediri. Foto: pojokpitu.com

jpnn.com - KEDIRI--Situs purbakala ditemukan di kebun warga di Kabupaten Kediri. Penemuan itu berupa makara atau batu ornamen yang biasa menghiasi pintu gerbang candi. Saat ini masih dilakukan penggalian untuk mengetahui wujud bangunan candi itu secara menyeluruh.

Arkeolog dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dibantu warga masih terus melakukan eskavasi temuan dua buah makara di kebun milik warga Desa Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri tersebut.

Penelitian dilakukan setelah ada laporan warga menemukan struktur batu yang diduga bagian dari candi. Penggalian selama dua hari berhasil menemukan batu makara, yang biasa digunakan sebagai ornamen hiasan di pintu masuk sebuah candi.

Bentuk batu makara ini sama persis dengan model candi di Jawa Timur, yakni menghadap ke barat agak condong ke kanan. Dengan temuan dua makara ini, dipastikan ada candi di sekitar lokasi, yang kemungkinan masih terpendam di bawah tanah. 

“ Peneliti masih belum bisa memastikan bangunan candi tersebut peninggalan kerajaan mana. Sebab dari bentuk makara, masih ada kemiripan bentuk dengan candi Kerajaan Mataram Hindu dan Kerajaan Khadiri,” ujar Sukawati Susetya, peneliti Puslit Arkenas.

Para arkeolog telah melakukan pemetaan benda-benda lain yang diduga masih terpendam dan akan dilakukan penggalian. Lokasi temuan telah diberi garis agar masyarakat yang hendak melihat tidak mengganggu aktivitas penelitian.(end/flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News