Mantan Kapolri Jujur Itu Bakal Jadi Nama Stadion...

Mantan Kapolri Jujur Itu Bakal Jadi Nama Stadion...
Stadion Kota Batik di Pekalongan yang akan segera berganti nama menjadi Stadion Hoegeng. Foto: Radar Pekalongan/JPG

jpnn.com - PEKALONGAN  – Nama mantan Kapolri Jenderal Hoegeng sangat membanggakan warga Kota Pekalongan. Nama sosok yang dikenal jujur itu bahkan akan digunakan untuk nama stadion di Pekalongan.

Kepastian penggunaan nama tokoh asli Pekalongan sebagai nama stadion itu sudah dicantumkan dalam surat keputusan (SK) Wali Kota Pekalongan Alf Arslan Djunaid tentang perubahan nama Stadion Kota Batik menjadi Stadion Hoegeng.

Kabag Tata Pemerintahan Setda Pekalongan, Sriyana kepada Radar Pekalongan mengatakan, SK wali kota tentang perubahan nama stadion itu sudah terbit.  “Sudah ada persetujuan dari wali kota. Surat keputusan wali kota tentang perubahan nama tersebut sudah turun akhir Maret lalu,” katanya.

Sriyana menjelaskan, saat ini peresmian nama stadion tinggal menunggu seremonial. Sebelumnya, peresmian direncanakan masuk dalam rangkaian peringatan HUT Kota Pekalongan ke-110.

Namun karena padatnya acara membuat peresmian diundur. “Nanti akan dilaunching, ditunggu saja mungkin dalam waktu dekat,” sambungnya.

Dia melanjutkan, tujuan utama perubahan nama stadion itu juga untuk mendukung pengusulan nama Hoegeng sebagai pahlawan nasional. Salah satu syarat administrasi tentang tokoh yang diusulkan jadi calon pahlawan nasional adalah namanya yang sudah diabadikan sebagai sarana monumental.

“Untuk mengusulkan sebagai pahlawan nasional, Pemkot memberikan nama Hoegeng sebagai nama stadion. Karena salah satu syarat mengusulkan pahlawan nasional adalah namanya dipakai sebagai nama jalan atau nama gedung,” sambungnya.

Selanjutnya, usai perubahan nama stadion diresmikan, Pemkot Pekalongan akan mengusulkannya nama Hoegeng sebagai calon pahlawan nasional ke Kementrian Sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News