Inikah Sinyal Penerimaan CPNS Segera Dibuka?

Inikah Sinyal Penerimaan CPNS Segera Dibuka?
tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Para calon mahasiswa sekolah ikatan dinas yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya bisa mencoba simulasi tes CPNS dengan system computer assisted test (CAT)  di Universitas Padjajaran, kampus Jatinangor dalam acara Unpad Job Fair, tepatnya di Bale Santika.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, simulasi CAT offline akan dilaksanakan pada Sabtu (16/4) dan Minggu (17/4).  

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan metode tes CPNS yang sudah diterapkan secara penuh sejak 2014. 

"Meskipun saat ini pemerintah menerapkan kebijakan moratorium penerimaan CPNS, namun untuk guru, tenaga kesehatan serta ikatan dinas tetap dibuka. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) untuk calon mahasiswa sekolah ikatan dinas, yang pendaftarannya sudah dibuka sejak Maret lalu,” ujar Herman di kantornya, Rabu (13/4).

Dengan simulasi offline ini, masyarakat khususnya para pelamar sekolah ikatan dinas bisa mencoba simulasi tes CPNS di Unpad. Namun simulasi ini juga terbuka untuk umum, termasuk mahasiswa Unpad, serta masyarakat lainnya. 

Bagi yang tidak dapat mengikuti simulasi CAT di Unpad, bisa mengikuti simulasi CAT secara online  di www.sc.menpan.go.id.

Cara pendaftaran yang dilakukan peserta adalah dengan cara memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan biodata diri meliputi tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta instansi yang dituju.

Waktu yang diberikan untuk peserta ujian sekitar 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 30 buah. Soal-soal yang disajikan berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). (esy/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News