Masinton Desak Rini Jelaskan Kedekatan dengan Koruptor Tiongkok

Masinton Desak Rini Jelaskan Kedekatan dengan Koruptor Tiongkok
Rini Soemarno. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mencuatnya kedekatan Menteri BUMN Rini Soemarno dengan koruptor Tiongkok yang juga mantan Gubernur Hainan (Tiongkok) Ji Wenlin, menarik perhatian anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu.

Menanggapi informasi yang salah satunya dilansir situs brudirect itu, Masinton menyarankan Rini memberikan penjelasan sebagai menteri karena namanya disebut dalam persidangan di Tiongkok.

Anak buah Megawati Soekarnoputi di PDI Perjuangan tersebut mengaku belum mencari sendiri kebenaran berita kedekatan Rini dan Ji Wenlin. 

"Jika benar terlibat di luar kasus disebut, secara moral dan politik sudah tidak layak. Di samping berbagai skandal lainnya, menteri Rini spesialis skandal," kata Masinton kepada wartawan di gedung DPR Jakarta, Rabu (13/4).

Masinton Desak Rini Jelaskan Kedekatan dengan Koruptor Tiongkok

Masinton Pasaribu. Foto: dok/JPNN.com

Dalam skandal korupsi di Tiongkok, Ji (sudah divonis 14 tahun penjara) dan Zhou (hukuman seumur hidup) terungkap melakukan tindak korupsi lewat kedekatannya dengan petinggi birokrasi di Tiongkok.

Mereka mendapatkan fee sebesar 10 hingga 20 persen dari proyek perusahaan Tiongkok yang sukses menembus negara-negara di Asia. Ya, salah satu proyek besarnya adalah China Rail Way Construction Limited.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News