Pesawat Boeing Dominasi Populasi Pesawat Nasional

Pesawat Boeing Dominasi Populasi Pesawat Nasional
Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Perindustrian mencatat sepanjang 2014, jasa penerbangan dengan rute nasional mengalami peningkatan  sebesar  18 persen  dibandingkan pada 2013. Pada rute internasional juga mengalami kenaikan sebesar 32 persen.

Sedangkan untuk angkutan barang nasional mengalami kenaikan sebesar  91 persen dan 71 persen untuk rute internasional.

“Diperkirakan saat ini terdapat  63 maskapai penerbangan nasional dengan populasi 657 pesawat, yang didominasi pesawat jenis Boeing 737 Series sebanyak 231 buah,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin di Jakarta, Rabu (13/4).

Selain itu masih terdapat 182 buah pesawat lainnya yang dimiliki sekolah penerbangan dan perusahaan perkebunan dan pertambangan.

Selama ini, kata Saleh, hanya 30 persen pesawat yang beroperasi dan dirawat di Indonesia. Sisanya melakukan perawatan di MRO luar negeri.

“Istilahnya, kita mesti tarik pulang yang 70 persen ini ke bengkel pesawat kita sendiri. Kita bidik sebagian besar pesawat dirawat dan di-overhaul di sini,” ujar Saleh.‎(esy/jpnn)


JAKARTA – Kementerian Perindustrian mencatat sepanjang 2014, jasa penerbangan dengan rute nasional mengalami peningkatan  sebesar  18


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News