Yuk Bantu Penderita Demensia dengan Terapi Musik

Yuk Bantu Penderita Demensia dengan Terapi Musik
Ilustrasi. Foto: Yahoo Health

jpnn.com - Jangan khawatir jika ada teman atau bagian dari keluarga Anda adalah penderita demensia. Terapi musik bisa bekerja dengan individu atau kelompok orang dengan demensia untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Hal ini karena musik merangsang pusat motorik otak yang merespon langsung ke pendengaran. Ini tidak memerlukan proses kognitif yang aktif dan bekerja dengan baik. Musik bisa menjadi kesempatan besar untuk memberikan dukungan emosional dan fisik saat merawat orang yang Anda cintai.

Berikut ini manfaat terapi musik bagi orang demensia, seperti dilansir laman Care2

1. Meningkatkan komunikasi

Ketika Anda terserang demensia, maka akan sering menjadi lebih sulit bagi seseorang untuk berbagi pikiran dan perasaan mereka dengan orang lain. Mendengarkan musik bersama-sama bisa memungkinkan penderita demensia untuk bersantai dan berbagi pengalaman dengan orang lain untuk mengekspresikan diri secara verbal.

Mengurangi kemampuan seseorang untuk berbagi dengan orang lain juga bisa membuat seseorang menjadi terisolasi. Musik memberikan ruang bagi mereka untuk melakukan interaksi sosial, baik dengan orang yang mereka cintai, terapis atau dengan kelompok terapi musik.

Aspek penting lain dari musik adalah kenyataan itu sangat terkait dengan kenangan. Institut Musik dan Fungsi Neurologi di New York menemukan bahwa suara diproses oleh area otak yang berhubungan dengan memori jangka panjang dan emosi.

2. Memberikan dukungan emosional

Musik bisa berhubungan erat dengan emosi bawah sadar kita. Seseorang mungkin bisa terhubung lagi dengan emosi mereka saat mendengarkan musik. Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi musik bisa membantu penderita demensia dengan meningkatkan daya ingat mereka, menciptakan suasana hati yang lebih positif dan mendapatkan rasa yang lebih besar dari kontrol atas hidup.
Selain itu, musik akan merangsang atau memiliki efek santai pada pendengar.

3. Promosikan manfaat fisik

Musik adalah cara terbaik untuk mempromosikan olahraga bagi penderita demensia yang masih aktif secara fisik. Menari bersama adalah cara yang bagus untuk berinteraksi jika mereka mampu berdiri. Bahkan di kursi roda, banyak orang dengan demensia bisa menggerakkan tubuh dalam berbagai cara, mulai dari mengayunkan lengan hingga menggerakkan kaki mereka.(fny/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News