Sayangi Otak Kamu, Coba Konsumsi Bahan Herbal ini

Sayangi Otak Kamu, Coba Konsumsi Bahan Herbal ini
Salah satu bahan herbal, kunyit. Foto: nationalgeographic

jpnn.com - Banyak orang tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan otak. Menurut penelitian, ada beberapa herbal dan rempah-rempah yang cukup ajaib untuk otak dan memori jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat setiap hari.

Bahan herbal itu bahkan bisa dengan mudah didapatkan di sekitar Anda. Berikut ini beberapa herbal yang bermanfaat untuk otak Anda, seperti dilansir laman India Times:

1. Kunyit

Ini adalah bumbu yang paling umum dan banyak digunakan untuk sejumlah jenis  makanan di dunia. Dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan kunyit, membantu dalam menyembuhkan arthritis dan penyakit Alzheimer. Sebuah studi baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa senyawa tertentu dalam kunyit yang dikenal sebagai turmeron aromatik yang juga membantu perbaikan sel-sel otak.

2. Kayu manis

Rempah-rempah ini sebagian besar ditemukan di dalam dapur rumah tangga dan umumnya digunakan dalam baking. Kayu manis adalah makanan super dengan kandungan antioksidan yang benar-benar tinggi. Kayu manis sebenarnya meningkatkan fungsi kognitif. Kayu manis sedang dipertimbangkan sebagai pengobatan yang mungkin untuk meningkatkan kognisi pada orang tua dan orang-orang dengan gejala demensia.

3. Chamomile

Chamomile adalah favorit abadi dari peminum teh larut malam. Chamomile adalah ramuan ajaib untuk otak juga karena mengandung senyawa yang mungkin mengikat reseptor untuk bahan kimia otak tertentu dan membantu dalam mengurangi kecemasan serta dalam proses.

4. Kemangi

Antioksidan kuat ini meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak dan memiliki sifat anti-inflamasi yang menawarkan pertahanan dari penyakit Alzheimer. Minyak kemangi juga bisa digunakan sebagai aromaterapi dan membantu meningkatkan tingkat konsentrasi.

5. Saffron

Rempah-rempah ini memiliki semua kualitas antidepresan. Gunakan saffron untuk meringankan depresi adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada menggunakan pil anti-depresan. Tanaman ini juga membantu dalam menjaga otak tetap tajam dan meningkatkan fungsi otak.

6. Pala

Ini tentu saja merupakan rempah-rempah langka dan jarang digunakan. Sebuah senyawa dalam pala dikenal sebagai Myristicin yang membantu meningkatkan memori dan juga mengurangi kelelahan dan stres. Untuk manfaat yang sama Anda juga bisa menggunakan minyak pala.(fny/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News