Purnawirawan Jenderal Dilantik Jokowi jadi Gubernur Lemhanas

Purnawirawan Jenderal Dilantik Jokowi jadi Gubernur Lemhanas
Presiden Joko Widodo melantik Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Gubernur Lemhanas di Istana Negara. Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com - JAKARTA—Presiden Joko Widodo melantik Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Gubernur Lemhanas di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/4). Agus dilantik dengan Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2016 tertanggal 7 April 2016.

Agus mengaku, usai dilantik presiden memberi arahan padanya agar kerja Lemhannas tidak hanya di dalam ruangan tetapi juga mengimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia.

”Kemudian juga bisa menangani hal-hal yang sifatnya mendesak untuk membantu kebijakan yang diambil oleh pemerintah,” ujarnya.

Agus adalah lulusan Akademi Militer tahun 1970, dan meraih gelar master di bidang administrasi publik pada 1994. Jabatan terakhir Agus Widjojo di TNI adalah Kaster TNI.

Sebelumnya, Agus Widjojo juga pernah menjadi Dosen Gol-IV Seskoad pada tahun  1986-1988 serta menjabat sebagai Aspenum Pangab pada 1998 dan Komandan Sesko Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada 1999.

Agus adalah putra dari almarhum Mayor Jenderal Sutoyo, salah satu dari enam jenderal yang wafat pada peristiwa 30 September 1965. Ia juga saat ini menjadi Ketua Simposium Tragedi ’65.

Simposium ini, menurut Agus, sebuah upaya akademik dan berakhir pada penyusunan analisis untuk membedah tragedi 65, dari pendekatan sejarah.

“Diharapkan kita mempunyai kedalaman akan hakikat apa sih sebenarnya Tragedi ’65 itu dan bagaimana kita bisa menutup masa lalu kita yang kelam dalam bentuk rekomendasi pada pemerintah,” imbuh Agus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News