Ini Bahayanya Bila Anda Gemar Konsumsi Madu Setiap Hari

Ini Bahayanya Bila Anda Gemar Konsumsi Madu Setiap Hari
Madu Ilustrasi. Foto Mimherba

jpnn.com - SESUATU yang berlebihan memang tak baik untuk tubuh. Hal itu juga berlaku bagi Anda yang gemar mengkonsumsi madu setiap hari. Yap, bukan rahasia lagi bahwa madu mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Madu memiliki rasa manis yang relatif sama dengan gula pada umumnya. Dengan kata lain, jumlah aman untuk mengonsumsi madu seharusnya sama dengan jumlah aman ketika mengonsumsi gula.

Meski begitu bukan berarti Anda bisa meminumnya setiap hari. Ada sedikit kekhawatiran jika madu terlalu banyak dikonsumsi, terutama bagi bayi dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.  

Berikut beberapa efek yang akan timbul jika Anda mengonsumsi madu secara berlebihan, seperti dilansir dari Klikdokter, Minggu (17/4):

1. Efek jangka pendek yang akan timbul akibat mengonsumsi madu secara berlebihan adalah menyebabkan masalah lambung, seperti kram perut, kembung, dan diare.

Hal ini disebabkan karena kandungan fruktosa pada madu yang akan menyebabkan terganggunya kemampuan usus untuk menyerap nutrisi, sehingga bisa menyebabkan nyeri perut yang berkelanjutan.

2. Efek jangka panjangnya adalah timbulnya masalah pada saluran pencernaan Anda. Di samping itu, terganggunya kemampuan usus untuk menyerap nutrisi juga akan terjadi secara permanen.

Dan yang lebih berbahaya adalah terjadinya ketidakpekaan insulin yang bisa menyebabkan jumlah gula dalam darah meningkat.

SESUATU yang berlebihan memang tak baik untuk tubuh. Hal itu juga berlaku bagi Anda yang gemar mengkonsumsi madu setiap hari. Yap, bukan rahasia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News