Seriwe Diharapkan Jadi Model Desa Mandiri Energi

Seriwe Diharapkan Jadi Model Desa Mandiri Energi
Fasilitas pengeringan rumput laut di Desa Seriwe yang merupakan sumbangan dari Mitsui & Co., LTD, Universitas Darma Persada, dan Koperasi Cottoni. Foto: Andrian Gilang/jpnn

jpnn.com - LOMBOK - Desa Seriwe, Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur mendapatkan bantuan untuk pengolahan rumput laut dan penyaringan air payau menjadi air bersih. Proyek ini merupakan kerja sama antara Mitsui & Co., LTD, Universitas Darma Persada, dan Koperasi Cottoni. 

"Kami membangun tempat untuk mengeringkan rumput laut," kata Direktur Sekolah Pasca Sarjana Unsada, Kamaruddin Abdullah di Desa Seriwe, Lombok Timur, Senin (18/4).

Kamaruddin menyatakan, tempat untuk mengeringkan rumput laut itu memanfaatkan energi tata surya. Selama ini, sambung dia, masyarakat terbiasa mengeringkan rumput laut dengan cara tradisional, yakni dijemur di pantai. 

"Kami harapkan ini bisa meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat setempat," ucap Kamaruddin. 

Desa Seriwe dipilih karena telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur sebagai prioritas pembangunan Minapolitan, yakni kawasan wisata pantai sekaligus industri. Desa itu juga memiliki potensi sumber daya energi surya serta angin. 

Desa Seriwe diharapkan bisa menjadi desa yang mampu memanfaatkan sumber energi alternatif untuk memacu pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga keseimbangan ekosistem. Sehingga, tercipta suasana yang nyaman bagi penduduknya. 

Sementara, Rektor Unsada Dadang Solihin berharap, program itu bisa terus direalisasikan. "Ada perubahan di rektorat atau pemerintahan, program bisa terus berjalan," ungkap Dadang. (gil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News