Sakit, Samadikun Tetap Akan Dipulangkan ke Indonesia

Sakit, Samadikun Tetap Akan Dipulangkan ke Indonesia
Ilustrasi. Foto: Jawapos.com

jpnn.com - BERLIN—Buronan kasus BLBI Samadikun Hartono berhasil dibekuk aparat Tiongkok dibantu tim intelijen Indonesia. Ternyata saat penangkapan 14 April lalu, kondisi kesehatan Samadikun kurang baik karena ia memiliki penyakit.

Karena itu, menurut Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso, saat ini Samadikun sedang berada di tempat khusus sambil menunggu proses pemulangannya ke tanah air.

“Jujur saja dia memang ada penyakit yang perlu perawatan. Karena itu kami minta juga dirawat semestinya oleh pemerintah Tiongkok,” ujar Sutiyoso di Berlin, Minggu malam waktu setempat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan, Samadikun pasti akan dipulangkan ke Indonesia. Saat ini, Kementerian Luar Negeri sedang mengurus prosedur pemulangannya karena menyangkut peraturan internasional. Ia enggan membeberkan waktu tepat pemulangan Samadikun.

“Perlu waktu karena  karena harus ikuti aturan di sana. Tapi saya pastikan SH sudah digenggaman kami. Undercontrol kita dan pemerintah Tiongkok,” tegas mantan Ketua Umum PKPI tersebut.

Sebagaimana diketahui, Samadikun adalah mantan Komisaris Utama Bank Modern. Buronan  kasus BLBI ini sudah melarikan diri selama 13 tahun, tepatnya sejak 2003 lalu. Dia memiliki utang Rp 169,4 miliar dan divonis empat tahun penjara. Putusan hukumnya sudah inkrah tapi belum dijalankan karena kabur ke luar negeri. (flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News