Jika Celah Ini Tidak Ditutup, Citra Parpol Akan Menurun

Jika Celah Ini Tidak Ditutup, Citra Parpol Akan Menurun
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Partai Golkar Chairuman Harahap menyatakan saat ini terjadi celah yang cukup besar antara rakyat dengan partai politik. Untuk memperbaikinya, menurut mantan Ketua Komisi II DPR ini, tidak cukup hanya membuat undang-undang, tapi harus dimulai oleh kader partai politik sendiri.

“Kini terjadi gap antara rakyat dengan partai politik. Ini harus diperbaiki tidak hanya dalam format undang-undang, tapi bagaimana para kader partai politik aktif menjembataninya," kata Chairuman, dalam diskusi di Jenggala Center, Jakarta, Senin (18/4).

Kalau celah tersebut tidak ditutup, lanjutnya, tingkat kepercayaan rakyat kepada partai politik akan semakin menurun. "Fenomena ini dialami oleh semua partai politik," tegas dia.

Selain itu, dia juga menyatakan bahwa demokrasi itu semestinya dimulai dari internal partai politik dan dikelola secara transparan.

“Mestinya partai politik yang terlebih dahulu menerapkan asas-asas demokrasi sebelum di bawa ke panggung demokrasi nasional, sebab publik berkumpul di satu partai politik itu intinya karena ada kesamaan ideologi yang tujuannya untuk membangun bangsa. Dalam mencari yang terbaik tentu harus ada dialog terbuka," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Politikus Partai Golkar Chairuman Harahap menyatakan saat ini terjadi celah yang cukup besar antara rakyat dengan partai politik. Untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News