Hari Ini, Menteri Luhut Rakor dengan Jajaran Pemda Maluku Utara

Hari Ini, Menteri Luhut Rakor dengan Jajaran Pemda Maluku Utara
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Pandjaitan, tiba di Ternate, Provinsi Maluku Utara, Senin (18/4). FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Pandjaitan, tiba di Ternate, Senin (18/4).

Hari ini, Selasa (19/4), Menteri Luhut dijadwalkan menggelar rapat bersama seluruh forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) provinsi dan kabupaten kota, bupati wali kota, dan instansi vertikal serta perangkat pemerintahan dari provinsi hingga kelurahan dan desa. Rapat akan dimulai pukul 08.00 WIT sampai pukul 11.30 WIT.

Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Provinsi Malut, Taufiq Marasabessy, mengatakan rapat ini bertujuan untuk menciptakan sinergitas antara pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, dan percepatan pengembangan kawasan ekonomi khusus di Kabupaten Pulau Morotai.

“Selain itu, juga untuk efektifitas fungsi dan peran tim pengawal dan pengamanan pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) dalam rangka memaksimalkan penyerapan anggaran,” kata Taufiq seperti dilansir Malut Post (Grup JPNN).

Rapat ini, kata dia, juga terkait sosialisasi Inpres Nomor 7 tahun 2015 tentang perlindungan hukum terhadap pejabat dalam pengembilan keputusan yang dapat dikriminalisasi kasus korupsi dari TP4D. Sosialisasi Inpres ini penting, karena mekanisme pengelolaan anggaran, baik proses pencairan, tender dan lain-lain, sering terjadi kesalahan dan berkonsekuensi terhadap hukum.

“Sehingga suatu kegiatan sering tidak dilaksanakan SKPD karena alasan takut berisiko hukum,” terangnya.

Karena itu, tim ini akan melakukan tahapan evaluasi untuk menulusuri setiap kegiatan yang bermasalah untuk dilakukan pembinaan sebelum direkomendasikan ke ranah hukum.

“Akan ada audit internal yang dilakukan tim TP4D, sebelum masalah tersebut dibawa ke ranah hukum,” katanya.(JPG/udy/jfr/fri)

TERNATE – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Pandjaitan, tiba di Ternate, Senin (18/4). Hari ini,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News