Masa yang Sulit Cari Pemimpin

Oleh Dahlan Iskan

Masa yang Sulit Cari Pemimpin
Masa yang Sulit Cari Pemimpin

jpnn.com - HILLARY Clinton terlalu tua. Dalam pengertian dari sudut pergantian generasi. Diragukan apakah dia memahami perubahan zaman.

Ted Cruz terlalu lokal. Dalam pengertian hanya lebih disukai orang daerahnya: Texas. Diragukan bisa memahami persoalan nasional.

Bernie Sanders terlalu ekstrem kiri. Diragukan bisa mengakomodasikan pertumbuhan ekonomi. Yang untuk Amerika selalu dimotori swasta.

Donald Trump terlalu ekstrem kanan. Diragukan bisa membina keutuhan bangsa. Trump dinilai akan membuat rakyat terkotak-kotak. Terbelah-belah. Memicu konflik.

Itulah inti opini publik di Amerika saat ini. Yang saya simpulkan selama dua minggu terakhir keliling sembilan negara bagian di AS.

Gambaran seperti itu sangat berbeda dengan awal kemunculan Obama. Atau Bill Clinton. Atau Ronald Reagan. Sosok-sosok yang begitu kuat.

Perjalanan sebuah negara kadang memang harus begitu. Ada saatnya sulit mencari pemimpin yang ideal: Yang mampu belum tentu populer. Yang populer belum tentu mampu.

Di kubu Partai Republik, bahkan lebih sulit lagi: Yang populer tidak dikehendaki (oleh partai). Yang dikehendaki tidak populer.

HILLARY Clinton terlalu tua. Dalam pengertian dari sudut pergantian generasi. Diragukan apakah dia memahami perubahan zaman. Ted Cruz terlalu lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News