Lihat Foto Ini, Pejuang Merah Putih di Timor Timur Meneteskan Air Mata

Lihat Foto Ini, Pejuang Merah Putih di Timor Timur Meneteskan Air Mata
Tampak Mantan Wakil Panglima Pasukan Pejuang Integrasi (PPI) Eurico Guterres, Sabtu (16/4) malam, mencium bendera Merah Putih. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - KUPANG – Mantan Wakil Panglima Pasukan Pejuang Integrasi (PPI) Eurico Guterres, Sabtu (16/4) malam, dikukuhkan sebagai Ketua Umum Uni Timor Aswa'in atau Untas. Pengukuhan Eurico sebagai Ketua Umum Untas dilangsungkan bertepatan dengan kegiatan malam keakraban pejuang Timor Timur, yang tetap setia dan bangga pada NKRI dan merah putih.

Jalannya pengukuhan disaksikan ribuan warga eks Timor Timur yang kini tinggal di Provinsi NTT. Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD NTT, Nelson Matara, Ketua Komisi IV DPRD NTT, Angelino da Costa beserta anggotanya, Wakil Wali Kota Kupang Herman Man dan juga anggota DPR RI, Jefri Riwu Kore. 

Pantauan Timor Express (Grup JPNN), pengukuhan Eurico diawali ritual adat untuk memberi makan kepada leluhur. Usai ritual, para tokoh pejuang dari 13 kabupaten (yang ada di Provinsi Timtim, red) mencicipi makanan yang tadinya dipersembahkan kepada leluhur.

Selanjutnya, ada ritual pengukuhan Eurico yang ditandai dengan penyerahan kepala kerbau kepada Eurico oleh Juanico dan Cansio, rekan seperjuangan Eurico. Usai dikukuhkan, Eurico bersama Juanico dan Cansio berkesempatan mencicipi makanan leluhur.

Suasana mengharukan terjadi ketika Eurico dan tokoh pejuang dari 13 kabupaten mencium bendera merah putih. Eurico tampak tak bisa menahan air matanya. Masyarakat eks Timtim yang melihat Eurico kemudian juga terlihat menangis.

Dalam sambutan, Eurico mengatakan, pengalaman 17 tahun silam memang menyakitkan. Tetapi sebagai rakyat yang tetap setia kepada NKRI dan merah putih, mereka harus menerima apa yang terjadi pada 17 tahun lalu itu.

“Kita dulunya dikenal sebagai pejuang merah putih di Timor Timur. Tapi karena kepentingan politik, akhirnya kita kalah dalam pemungutan suara,” ujarnya.

Eurico menambahkan, akibat dari itu semua, mereka yang dulunya pejuang, sekarang dipanggil milisi luar biasa oleh bangsa lain. Yang menyakitkan, bangsa dan pemerintah Indonesia juga menyebut mereka sebagai milisi.

KUPANG – Mantan Wakil Panglima Pasukan Pejuang Integrasi (PPI) Eurico Guterres, Sabtu (16/4) malam, dikukuhkan sebagai Ketua Umum Uni Timor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News