Siap-siap! Setiap Sabtu Listrik Padam

Siap-siap! Setiap Sabtu Listrik Padam
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - TIMIKA - PLN Area Timika bakal membenahi banyak hal usai statusnya dinaikkan menjadi area. Menurut Manager PT PLN (Persero) Area Timika, Salmon Kareth, salah satu pembenahan tersebut adalah perbaikan jaringan.

Nah untuk perbaikan itu, PLN berencana melakukan pemadaman listrik setiap Hari Sabtu, dan hari-hari libur lainnya. Pemadaman tersebut untuk melakukan perbaikan-perbaikan jaringan listrik di Timika, yang dinilai masih di bawah standar.

Salmon mengharapkan kepada seluruh masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika dan stakeholder yang ada supaya mendukung pemadaman listrik dalam rangka pebaikan-perbaiakan jaringan di dalam kota. Karena, Timika sebagai salah satu kota yang dijadikan barometer pusat perekonomian di Papua, harus melangkah lebih jauh. 

Sehingga ke depan PLN perlu mempersiapkan dari awal dengan melakukan pembenahan, mulai dari sisi pembangkit sampai pada jaringan. 

"Sekarang ini kami sudah mulai pancang tiang beton, dengan tujuan supaya ke depan kita perbaiki dan sementara berjalan. Jadi saya harap supaya semua masyarakat, pemerintah daerah dan stakeholder mendukung PLN dalam proses pembenahan ini. Dan PLN ada punya waktu untuk pemeliharaan, kalau tidak melakukan pemeliharaan pasti tidak akan jalan normal dan risikonya akan terjadi pemadaman terus menerus, bahkan gangguan dari sisi pembangkit,” bebernya seperti dikutip dari Radar Timika, Selasa (19/4)

Jika tidak melakukan pembenahan, lanjutnya, dikhawatirkan kawat yang terpasang di atas tiang listrik bisa putus secara tiba-tiba, karena tidak kuat menghantar listrik. Hal ini menjadi beresiko tinggi, karena bisa menimpa warga yang ada di bawahnya.

“Arus dua mega harus kami ganti. Sebelumnya menggunakan kawat dengan ukuran 70, kami ganti dengan yang 150, yang bisa memikul beban arus empat hingga lima megawatt di jalan protokol dan kota. Ini yang kami utamakan,” terangnya.

Untuk perbaikan tersebut, PLN akan melakukan pemadaman listrik selama 6 hingga 12 jam setiap Sabtu. Pemadaman tersebut kata Salmon bukan sengaja, tetapi memang ada perbaikan untuk bagaimana mendukung program pemerintah, kepentingan masyarakat, sehingga ke depan listrik lebih baik dan andal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News