Fakta yang Perlu Anda Tahu Tentang Varises

Fakta yang Perlu Anda Tahu Tentang Varises
Ilustrasi. Foto women health

jpnn.com - BANYAK orang beranggapan bahwa varises bukan suatu penyakit, melainkan gangguan estetika di bagian kaki. Padahal, varises merupakan salah satu jenis penyakit umum, yang dipicu karena adanya pelebaran pembuluh darah vena yang membesar dan terlihat hingga keluar kulit.

Biasanya terlihat seperti pembuluh darah menonjol yang berwarna biru, merah atau berwarna sama dengan daging. Terkadang varises juga terlihat seperti memelintir seperti kabel.

Berikut beberapa fakta menarik mengenai varises yang perlu Anda ketahui.

1. Varises disebabkan oleh katup yang melemah.

Arteri dan kapiler mengalirkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh Anda, sementara vena mengembalikan darah kembali ke jantung Anda.

Intinya, pembuluh darah di kaki Anda harus bekerja lebih keras untuk melakukan hal ini karena mereka memompa melawan gravitasi. Tetapi jika katup menjadi lemah atau rusak, maka akan menyebabkan aliran darah ke belakang (pembuluh darah Anda) muncul tonjolan, yang kerap disebut varises.

2. Varises bersifat turunan.

"Meskipun ada banyak faktor yang bisa meningkatkan terjadinya varises, faktor genetika adalah yang utama," kata direktur medis dari Vein Center of East Texas, Dr. Jeffrey G. Carr, gelar M.D seperti dilansir laman Womenshealthmag, Senin (18/4).

BANYAK orang beranggapan bahwa varises bukan suatu penyakit, melainkan gangguan estetika di bagian kaki. Padahal, varises merupakan salah satu jenis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News