Karolin: Desa sebagai Benteng Pancasila

Karolin: Desa sebagai Benteng Pancasila
Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, dr. Karolin Margret Natasa. FOTO: DOK.Pemuda Katolik

jpnn.com - LAMANDAU – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pemuda Katolik digelar di Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 19-22 April 2016. Kegiatan ini mengangkat tema “Menghadirkan Peran Pemuda yang Terampil di Tengah Umat dan Masyarakat Berbasis Desa Berdasarkan Pancasila.”

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, dr. Karolin Margret Natasa menjelaskan pelaksanaan Rakernas Pemuda Katolik yang digelar di desa ini dimaksudkan untuk mendorong kesadaran para kader Pemuda Katolik untuk melihat langsung situasi sosial masyarakat desa termasuk pembangunan di desa. Pemuda Katolik juga mengajak seluruh komponen bangsa utamanya pemerintah agar mendorong program pemberdayaan masyarakat desaa.

“Desa harus menjadi prioritas pembangunan karena desa sebagai benteng Pancasila,” tegas Karolin di sela-sela Rakernas Pemuda Katolik di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (19/4) malam.

Rakernas kali ini, menurut Karolin, membahas program organisasi sesuai mandat pada Kongres Nasional di Batam, Kepulauan Riau tahun 2015. Selain itu, diadakan seminar dan sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan lainnya berupa kunjungan ke desa dan bakti sosial seperti pengobatan gratis.

Ketua Panitia Rakernas Pemuda Katolik, Marianus Apau menambahkan, Rakernas ini diawali dengan Misa Pembukaan dipimpin oleh Uskup Agung Palangkaraya, Mgr. Aloysius M. Surtisnaatmaka, MSF.

Pada hari kedua, Rabu (20/4), kegiatan Rakernas meliputi Seminar Sesi I dengan tema “Spiritualitas Kader Pemuda Katolik”. Sesi menampilkan tiga pembicara yakni Pastor Moderator PP Pemuda Katolik, Romo Johanes N. Haryanto, SJ; Bupati Lamandau, Marukan; dan Ketua Umum PP Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa.

Pada Sesi II dengan tema “Menciptakan Kader Pemuda yang Terampil, Berpihak pada Desa sebagai Basis Pembangunan RI dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila”. Sesi ini menghadirkan pembicara yakni Pendiri dan Direktur Eksekutif Yayasan Bina Swadaya, Bambang Ismawan; Anggota DPD RI Dapil Lampung, Anang Prihaantoro; Direktur Eksekutif Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng; Direktur Eksekutif CU Keling Kumang, Yohanes RJ; Penjabat Gubernur Kalimantan Tengah; Deputi Kemenpora

Ia menambahkan, peserta Rakernas terdiri dari pengurus pusat, Komisariat Daerah dan Komisariat Cabang seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News