Jelang World Book Day, Si Doel Berbagi Buku

Jelang World Book Day, Si Doel Berbagi Buku
Gubernur Banten Rano Karno. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menjelang World Book Day yang jatuh pada tanggal 23 April, Gubernur Banten Rano Karno mendatangi Taman Bacaan Sumlor Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ) Rangkasbitung, Banten.

“Pekan depan itu, saya ingat betul, adalah Hari Buku Sedunia. Setiap orang berbagi buku. Kita semua saling berbagi buku,” kata Rano Karno, dalam rilis yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (19/4).

Terkait dengan Hari Buku Sedunia, pemeran utama sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu sengaja mengunjungi taman bacaan tersebut.

“Saya sudah lama ingin mengunjungi teman-teman di sini. Sudah lama saya ingin melihat langsung aktivitas yang dilakukan teman-teman KPJ. Alhamdulillah sekarang saya bisa ke sini dan berbagi buku," ujarnya.

Doel mengaku pernah ditempa di KPJ Bulungan. "Saya tahu persis semangat teman-teman KPJ. Saya juga pernah main di Bengkel Teater Rendra. Insya Allah kita seirama. Saya hanya ingin berpesan, melalui buku kita bisa mengenal dunia. Dan yang paling penting, melalui buku kita sebagai umat menunaikan perintah Allah untuk membaca," pintanya.

Ketua Taman Bacaan Sumlor Kelompok Pengamen Jalanan Rangkasbitung, Ugas yang pernah mendapatkan penghargaan dari Mendikbud sangat mengapresiasi kehadiran Gubernur Banten tersebut.

“KPJ ini sudah terbentuk sejak 20 tahun yang lalu. Kami kemudian ikut terlibat dalam gerakan literasi ini karena keterpanggilan. Kami ingin membuat 1.000 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Banten. Dengan kehadiran Pak Gubernur, kami tambah semangat," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum TBM, DC Aryadi mengajak perusahaan dan masyarakat luas untuk ikut terlibat menyumbangkan buku-buku bacaan untuk anak-anak muda bangsa. "Kemarin waktu acara Gerakan Indonesia Membaca, Bank BJB ikut bantu donasi buku sejumlah 1.000 eksemplar. Semoga perusahaan lain ikut membantu gerakan ini," harapnya.(fas/jpnn)


JAKARTA – Menjelang World Book Day yang jatuh pada tanggal 23 April, Gubernur Banten Rano Karno mendatangi Taman Bacaan Sumlor Kelompok Pengamen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News