Ke Inggris, Jokowi Dipuji karena Indonesia Perangi Terorisme

Ke Inggris, Jokowi Dipuji karena Indonesia Perangi Terorisme
Presiden Joko Widodo dan PM Inggris David Cameron. Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com - LONDON--Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron di  Downing Street Number, Selasa (19/4), waktu setempat. Dalam pertemuan itu dilaksanakan sejumlah agenda yaitu tete a tete, penandatanganan nota kesepahaman, dan jamuan santap siang.

Awali pernyataan usai pertemuan, Presiden Jokowi sampaikan bahwa kedatangannya di  London adalah suatu kehormatan dan sebagai kunjungan balasan PM Cameron ke Jakarta pada tahun lalu.

“Kerajaan Inggris adalah main partner Indonesia. Kunjungan saya kali ini akan digunakan untuk memperkuat kerja sama ekonomi kreatif dan mengembangkan industri kreatif,” tutur presiden yang akrab disapa Jokowi itu.

Jokowi juga menyampaikan bahwa sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia mempunyai peran untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Islam bersifat demokratis, dan toleransi bisa berjalan beriringan.

“Indonesia akan senang membagi pengalaman itu,” sambungnya.

Sementara itu, PM Cameron memuji Indonesia yang bisa mengatasi terorisme dengan cara berbeda. Dalam pertemuan itu, keduanya juga mendiskusikan bagaimana mengatasi ekstremisme dan terorisme global. Menurut Cameron, Indonesia memiliki peran kunci untuk pemberantasan terorisme.

“Saya sangat terkesan pendekatan Indonesia terhadap ekstremisme dan terorisme termasuk juga meneguhkan Islam sebagai agama yang damai. Bagaimana Islam diajarkan di sekolah Indonesia adalah model yang bisa dicontoh dunia dan Indonesia harus memainkan peran terdepan untuk menyebarkannya,” ujar Cameron

PM  juga Cameron menyampaikan duka saat terjadinya bom di Jakarta beberapa waktu lalu. Ia menambahkan  kerja sama kontraterorisme RI dan Inggris  akan makin meningkat di masa depan. (flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News