Awas, Jangan Dekati Kawah Sindoro Dulu

Awas, Jangan Dekati Kawah Sindoro Dulu
Gunung Sindoro di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Foto: Radar Kedu/JPG

jpnn.com - WONOSOBO – Gunung Sindoro di Jawa Tengah mulai menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Dalam dua hari lalu kepulan asap yang cukup tebal terlihat di puncak gunung yang berada di sisi timur Wonosobo itu.

Aktivitas vulkanik Sindoro itu memang  tidak mengkhawatirkan. Namun, para pendaki Sindoro sudah dilarang mendekati kawah di puncak.

“Minggu (17/4) dan Senin (18/4) lalu Sindoro memang sempat mengeluarkan asap berwarna kehitaman dan diiringi terciumnya bau belerang,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Wonosobo Prayitno.

Hanya saja, dari hasil analisis Badan Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG) diketahui bahwa Sindoro tidak menunjukkan indikasi kerawanan. “Dari pengamatan kami di lapangan, juga tidak ada yang perlu membuat warga masyarakat mencemaskan kondisi Sindoro,” lanjut.

Sejauh ini BPBD Wonosobo terus mengamati  aktivitas Gunung Sindoro. Secara umum, kepulan asap pekat memang menunjukkan aktivitas gunung tengah meningkat.

Namun demikian, untuk saat ini BPBD belum menerima rilis peningkatan status apapun dari BVMBG, termasuk indikasi akan meletus. Warga sekitar gunung pun masih bisa menjalankan aktivitas harian secara normal, dengan tetap memperhatikan imbauan selanjutnya dari BPBD.

“Hanya bagi para pendaki, kami merekomendasikan agar mereka untuk sementara tak mendekati kawah di radius 1 kilometer, demi menghindari hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.(ali/ton/jpg/ara/jpn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News