Saran Penting Hermawan Kartajaya untuk Menangkan MEA

Saran Penting Hermawan Kartajaya untuk Menangkan MEA
Hermawan Kertajaya. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut kemampuan memasarkan sebuah produk dengan oke. Selain persaingan semakin ketat, banyak negara lain yang memang lebih unggul di bidang perpajakan dan kemudahan berinvestasi.

Founder and Chairman Markplus Inc Hermawan Kartajaya menyatakan, skill tenaga kerja Indonesia harus ditingkatkan. Sales (penjualan) and service (pelayanan) harus menyatu.

“Kita harus bisa memanfaatkan strategi marketing, misalnya iklan. Jadi bukan iklan yang kita jual,’’ kata Hermawan, Selasa (19/4) kemarin.

Positioning daerah juga ikut mendukung. Misalnya, Jawa Timur (Jatim) yang mempunyai banyak potensi. Salah satunya adalah jumlah pondok pesantren (ponpes) yang banyak.

Itu merupakan modal bagi Jatim untuk branding sebagai provinsi yang kuat dari segi agama. Wali Kota Batu Eddy Rumpoko menambahkan, daerah tidak hanya wajib mengenal potensi.

Namun, bagaimana mengolah potensi tersebut juga penting. Kota Batu sudah branding sebagai Kota Wisata Batu (KWB). Tujuannya memperkuat positioning Kota Batu sebagai daerah wisata.

“Batu itu kota kecil yang unggul di sektor agro, tapi sekaligus menarik untuk didatangi wisatawan. Dengan pertanian dan kondisi alam yang bagus, Batu punya modal untuk unggul di bidang pariwisata,’’ ujarnya saat menerima penghargaan Marketeers of The Year 2016 kategori Government dari Markplus Inc kemarin. (rin)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News