Mencium Bau Alkohol Bisa Turunkan Daya Konsentrasi

Mencium Bau Alkohol Bisa Turunkan Daya Konsentrasi
Ilustrasi. Foto Divalikes

jpnn.com - BERTEMU teman di sebuah bar, tentu sulit untuk bisa Anda hindari. Namun, tahukah Anda, kalian bisa mengalami beberapa efek dari minuman cocktail, meski Anda tidak minum minuman tersebut. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology.

Dalam penelitian ini, dia meminta peserta melaksanakan tugas di komputer sambil mengenakan masker dicampur dengan aroma alkohol atau larutan jeruk mengandung alkohol.

Tugasnya cukup sederhana, di mana peserta harus menekan tombol setiap kali mereka melihat baik huruf K atau botol bir di layar.

Kedengarannya mudah, tetapi nyatanya, mereka yang mengenakan masker alkohol lebih mungkin untuk menekan tombol pada saat yang salah. Itu merupakan tanda impuls kontrol yang tidak baik. Salah satu efek terbesar adalah karena mencium bau alkohol.

"Bau alkohol bisa mengakibatkan peserta sulit untuk mengontrol perilaku mereka," kata pemimpin penulis, Rebecca Monk, seperti dilansir laman Glamour, Rabu (20/4).

Para penulis menyimpulkan bahwa respon ini mungkin mendorong orang untuk mengonsumsi lebih banyak alkohol. Efek ini tidak cukup kuat untuk menyarankan Anda untuk menghindari mengemudi setelah berbau alkohol.

Namun setidaknya, cara ini bisa membantu Anda memutuskan untuk melewatkan minuman keras di sebuah pesta.(fny/chi/jpnn)

 


BERTEMU teman di sebuah bar, tentu sulit untuk bisa Anda hindari. Namun, tahukah Anda, kalian bisa mengalami beberapa efek dari minuman cocktail,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News