Gawat, Masih Banyak Perlintasan Liar saat Laju Kereta Bakal Dipercepat

Gawat, Masih Banyak Perlintasan Liar saat Laju Kereta Bakal Dipercepat
Foto/ilustrasi: Jawa Pos

jpnn.com - PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) V Purwokerto mengingatkan warga agar berhati-hati saat menyeberangi rel di ruas Prupuk-Tegal. Menurutnya, ada 25 perlintasan liar di  ruas itu yang sangat rawan karena tak berpalang pintu.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daops V Purwokerto, 25 perlintasan liar itu terbagi antara antara Balapaulang-Slawi dan Slawi Tegal, Untuk ruas Balapaulang-Slawi ada 10 titik perlintasan liar, sedangkan di Tegal-Slawi ada 15 titik.

“Kami sudah memasang spanduk tentang sosialisasi untuk berhati-hati ketika melintasi perlintasan kereta api. Utamanya di jalur yang tanpa palang pintu dan titik-titik rawan lainnya,” katanya seperti dikutip Radar Tegal.

Surono menambahkan, kondisi rel sejak akhir 2015 lalu sudah ditingkatkan. Namun, kecepatan maksimal kereta api di koridor Prupuk-Tegal hingga 80 kilometer per jam belum diterapkan. Sebab, penerapan kecepatan maksimal itu masih menunggu instruksi dari PT. KAI Pusat.

"Setelah kondisi rel selesai ditingkatkan, juga telah dilakukan pengujian jalur. Penerapan kecepatan maksimal belum diterapkan karena masih menunggu informasi dari kantor pusat,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, kecepatan kereta api di koridor itu masih 55 kilometer per jam. “Tetapi kami juga sudah memberikan sosialisasi awal kepada para pengguna jalan tentang rencana penambahan kecepatan kereta api tersebut,” tuturnya.(frima/zul/jpg/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News