Buka ICAPP, JK Tekankan Pentingnya Parpol Bagi Demokrasi

Buka ICAPP, JK Tekankan Pentingnya Parpol Bagi Demokrasi
Wapres JK. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan kebahagiannya saat membuka Konferensi Internasional Asia Partai Politik (International Conference of Asian Political Parties/ICAPP) ke-26, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta Jumat (22/4).

"Malam ini, malam bahagia karena bertemu begitu banyak pimpinan partai yang datang dari tiga benua yang tentunya membawa kita ke pemikiran kemajuan bersama apalagi dengan tema peranan partai politik dalam memperkuat demokrasi dan kesejahteraan rakyat," kata JK.

Menurut JK, semua tentu dalam posisi setuju bahwa demokrasi bukan tujuan tapi cara untuk mencapai tujuan. "Tujuan kita adalah memberikan kemakmuran dan kesejahteraan untuk rakyat dengan cara dan prosedurnya secara demokratis. Demokrasi tentu mempunyai dasar universal, bagaimana mengambil keputusan dan tentunya dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat," ujarnya.

Meski dengan tujuan yang sama lanjutnya, demokrasi juga dijalankan dengan cara berbeda sesuai dengan kebiasaan budaya dan situasi masyarakat. "Demokrasi tidak bisa jadi copy paste semua negara dan bukan hanya warisan atau milik negara besar seperti Amerika Serikat," tegasnya.

Dalam 20 tahun terakhir ujarnya, dunia telah mencapai tiga perkembangan yakni demokrasi, perekonomian bebas dan informasi teknologi. Tiga hal ini tidak bisa dipisahkan.

"Demokrasi membutuhkan dasar kuat dari partai. Karena itulah, apabila kita ingin tingkatkan tujuan pilarnya partai. Mencapai kemakmuran butuh satu hubungan investasi gabungan masing-masing negara untuk menimbulkan sinergi. Karenanya dengan sinergi meningkatkan kemakmuran. Karena itu, kita berkumpul di sini, untuk mencapai sinergi antara kita semua," pungkas JK.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News