Cara Sederhana ini Ampuh Atasi Depresi dan Kecemasan

Cara Sederhana ini Ampuh Atasi Depresi dan Kecemasan
Ilustrasi. Foto Healthycare

jpnn.com - BILA Anda menderita depresi atau kecemasan yang berlebih, olahraga bisa memainkan peran penting dalam mengatasi gejala tersebut. Kombinasi yang kuat antara kesehatan fisik dan mental, bisa membantu mengontrol tingkat kecemasan Anda yang berlebihan.

"Kita tahu bahwa tubuh adalah pikiran dan pikiran adalah tubuh. Ketika Anda mengurus diri sendiri, Anda membantu seluruh sistem untuk bekerja," ujar psikolog, Ben Michaelis, PhD, seperti dilansir laman Health, Kamis (21/4).

Dia juga menyarankan agar Anda selalu berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan pengobatan yang tepat. Namun, sambung Ben tidak ada salahnya untuk menggabungkan olahraga dalam rutinitas Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga bisa membantu meringankan gejala depresi atau kecemasan. Rasanya tak ada olahraga yang merugikan Anda setelah melakukannya.

Berjalan misalnya, bisa membakar kalori, mengurangi rasa lapar dan menurunkan risiko penyakit jantung. Berjalan selama lima menit sehari bahkan mungkin membantu Anda hidup lebih lama, itu menurut penelitian pada 2014.

"Apa lagi gerakan yang berulang dari berjalan tampaknya memiliki efek meditatif pada otak," jelas Ben.

Dalam studi 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience, peneliti menemukan bukti bahwa olahraga bisa bekerja dalam cara yang mirip dengan antidepresan.

Yakni mengurangi gangguan depresi mayor dengan mempromosikan pertumbuhan neuron baru di otak.

BILA Anda menderita depresi atau kecemasan yang berlebih, olahraga bisa memainkan peran penting dalam mengatasi gejala tersebut. Kombinasi yang kuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News