Lihatlah Foto Ini, Pesawat Siluman Pertama Milik Jepang

Lihatlah Foto Ini, Pesawat Siluman Pertama Milik Jepang
X-2. Foto: AFP

jpnn.com - TOKYO – Jepang sukses menerbangkan pesawat tempur siluman untuk kali pertama. Pesawat yang diberi nama X-2 itu menjalani uji coba terbang dari Bandara Nagoya, Jumat (22/4) kemarin.

Puluhan pakar penerbangan dan sejumlah warga menjadi saksi momen bersejarah itu. Mereka langsung tepuk tangan saat pesawat tersebut berhasil lepas landas.

“Penerbangan pertama ini memiliki arti yang sangat signifikan. Ini bisa mengamankan teknologi yang dibutuhkan untuk pengembangan pesawat tempur di masa mendatang,’’ ujar Menteri Pertahanan Jenderal Nakatani seperti dilansir AFP.

Pesawat tersebut akhirnya mendarat di pangkalan udara Gifu di Kakamigahara, Prefektur Gifu setelah terbang selama 25 menit. Pilot yang mengemudikan menyatakan, tidak ada masalah yang berarti dalam penerbangan itu.

Bahkan, penerbangannya dinilai sangat stabil. Kesuksesan penerbangan tersebut membuat Jepang menjadi negara keempat di dunia yang sukses menerbangkan pesawat siluman berawak.

Tiga negara yang lebih dulu sukses menerbangkan pesawat siluman berawak adalah Amerika Serikat (AS), Rusia, dan Tiongkok.  X-2 dikembangkan Mitsubishi Heavy Industries bersama dengan 200 perusahaan lain. Pesawat itu memiliki panjang 14,2 meter dan lebar 9,1 meter. (sha/jos/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News