Fakta-fakta Penting Pesawat Siluman Pertama Jepang

Fakta-fakta Penting Pesawat Siluman Pertama Jepang
X-2. Foto: AFP

jpnn.com - TOKYO – Jepang akhirnya punya pesawat siluman. Pesawat bernama X-2 itu sukses menjalani uji coba terbang dari bandara di Nagoya, Jumat (22/4) kemarin. Jepang pun menjadi negara keempat yang sukses menerbangkan pesawat siluman berawak.

Tiga negara yang terlebih dahulu bisa melakukannya ialah Amerika Serikat, Rusia dan Tiongkok. X-2 dikembangkan Mitsubishi Heavy Industries bersama dengan 200 perusahaan lain. Pesawat itu memiliki panjang 14,2 meter dan lebar 9,1 meter.

Pembuatan X-2 dilakukan setelah Jepang sukses membuat pesawat jet tempur F-2 yang dikembangkan dengan AS. Rencananya, X-2 diserahkan ke Kementerian Pertahanan bulan depan.

November tahun lalu, Mitsubishi Heavy Industries juga berhasil melakukan uji coba penerbangan perdana pesawat komersial pertama buatan Jepang. Proyek pembuatan X-2 itu mulai dilakukan pada 2009.

Pemerintah menghabiskan anggaran 39,4 miliar yen (Rp 4,7 triliun) untuk pengembangan pesawat siluman tersebut. X-2 selesai pada 2014. Sejak Februari, uji coba mesin dan taxiing dilakukan di landasan bandara.

Uji coba terbang tertunda karena cuaca dan baru terlaksana kemarin. Dulu Jepang sempat dilarang untuk mengembangkan pesawat setelah mereka kalah dalam Perang Dunia II. (AFP/Asahi Shimbun/sha/jos/jpnn)

 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News