Lah, Gedung Baru Kelar Direnovasi Kok Atapnya Runtuh?

Lah, Gedung Baru Kelar Direnovasi Kok Atapnya Runtuh?
RUNTUH: Atap bangunan gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Kidul yang runtuh, Jumat (22/4). Foto; Gunawan/Radar Jogja/JPG

jpnn.com - GUNUNGKIDUL – Atap gedung Sekretariat Daerah (Setda) Gunungkidul yang baru selesai direnovasi ternyata runtuh, Jumat (22/4). Dugaan sementara penyebab runtuhnya atap adalah besi penyangga yang menempel di tembok dengan penguat baut tak kuat menahan beban.

Saksi mata, Zindy Fatikasari mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Tidak ada hujan atau pun angin besar. Tapi, tiba-tiba atap gedung yang berada di depan kantor Administrasi Pemerintahan Umum Pemkab Gunungkidul itu runtuh.

Beruntung ketika kejadian sepi karena sebagian besar melaksanakan salat Jumat.  ”Saya dengar suara bergemuruh dan setelah dilihat ternyata atap teras gedung ambrol,” kata salah seorang siswi praktik kerja lapangan di Pemkab Gunungkidul itu seperti dikutip Radar Jogja.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Gunungkidul, Hermawan Yustianto mengatakan, gedung yang atapnya runtuh itu baru selesai direnovasi Desember 2015. Sedangkan anggaran yang digunakan untuk membangun gedung itu sebesar Rp 1,6 miliar.

Menurutnya, proyek renovasi pembangunan gedung itu masih dalam masa pemeliharaan. Oleh karena itu, kerusakan yang terjadi menjadi tanggung jawab rekanan pemenang tender. ”Akan dilakukan koordinasi dengan DPU selaku pemilik program,” tuturnya.

Hermawan sudah meminta agar seluruh gedung yang dibangun Pemkab Gunung Kidul diinspeksi. Tujuannya agar kejadian serupa tidak terulang.

Sedangkan Kepala DPU Gunungkidul Eddy Praptono menyayangkan peristiwa tersebut. Dia mengaku langsung berkoordinasi dengan kontraktor yang mengerjakan renovasi gedung Setda Gunungkidul.

Eddy akan melakukan cek secara menyeluruh terhadap kondisi bangunan. ”Kami cek semua, karena program renovasi gedung juga belum berakhir. Sebab, di tahun ini masih menganggarkan Rp 1,4 miliar untuk penyelesaian,” kata Eddy.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News